Home » » Ratusan Mahasiswa Keperawatan Desak Pengesahan UU

Ratusan Mahasiswa Keperawatan Desak Pengesahan UU


PEKANBARU- Sekitar 500-an pengunjukrasa dari tujuh institusi keperawatan di Pekanbaru, Jumat pagi (14/12/12), melakukan aksi demonstrasi damai di rumah kediaman Gubernur dan DPRD Riau. Mereka mendesak pemerintah melalui DPR RI untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) menjadi Undang-undang Keperawatan. 

"Aksi kami ini bertujuan mendesak DPR RI mengesahkan RUU Perwat yang sejak 2004 sduah masuk pgoram legislasi nasional (prolegnas)," kata Eliya Tarigan, Koordinator Aksi dalam orasinya.

Dikatakannya, aksi ini merupakan yang kedua kalinya. Pertengahan Oktober lalu, mereka pernah melakukan aksi yang sama. Menurut Eliya, Undang-undang Perawat sangat penting untuk memberikan kejelasan mengenai tugas-tugas dan aturan yang melindungi perawat.
Ia mengungkapkan, karena tidak ada undang-undang yang mengatur apa tugas perawat sehingga profesi ini terus menerus dikriminalisasi. Kriminalisasi itu seperti jika ada penanganan pasien yang berujung tuntutan atau kesalahan.
"Kalau ada masalah pasti pasti perawat yang paling pertama kali disalahkan. Padahal penanganan pasien itu sepenuhnya tanggung jawab dokter sesuai undang-undang. Ini lah yang hrus diperjelas batasannya," tukasnya.
Hingga berita ini diturunkan aksi mereka masih berlangsung di pintu masuk gedung DPRD Riau. Mereka masih menunggu ada anggota DPRD Riau yang menerima dan merespon aspirasi mereka.(rtc)
Share this article :

Posting Komentar

 
Modified by : | | Arip-better
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Published by Angga-better
Proudly powered by Arip-better