Home » » Diskes Riau Luncurkan 1.796 Tenaga Medis

Diskes Riau Luncurkan 1.796 Tenaga Medis


*Persiapan PON XVIII

PEKANBARU (VOKAL)- Dinas Kesehatan Riau akan menurunkan sebanyak 1.796 tenaga medis Untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 mendatang.Mereka akan memberikan pelayanan medis selama diselenggarakannya even nasional tersebut.
Selain itu, untuk merekrut 1.796 tenaga medis, Dinas Kesehatan Riau tidak mau asal rekrut saja. "Seluruh tenaga medis yang disiapkan untuk PON wajib memiliki sertifikat ATLS atau ACLS untuk dokter," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Riau, Katijo Sempono MKes kepada Harian Pagi Vokal (11/6).
Dia menjelaskan, persiapan tidak hanya sebatas merekrut saja, tapi juga ada pelatihan khusus dari tim medis PB PON Pusat atau tenaga medis yang memang sudah terbiasa dalam hal atlet ini, termasuk Ikatan Dokter Indonesia.
“persiapan tidak ntidak dengan sebatas merekrut, tapi harus ada pelatihan khusus tim medis. Dengan begitu kesehatan atlet selama perhelatan PON bisa terjaga,” Jelasnya.
Diakuinya, Riau memang masih kurang tenaga medis khususnya dokter dan perawat yang sudah bersertifkat. Hanya saja, dia akan lebih memaksimalkan tenaga medis yang ada di Riau. Untuk merekrut tenaga medis dari luar Riau, Katijo memastikan belum ada wacana tersebut.
“Riau memang Minim tenaga Medis yang sudah bersertifikat. Kita belum memikirkan untuk mencari tenaga medis dari luar riau,” jelas nya.
Sementara itu, Nantinya setiap tenaga medis akan ditempatkan di seluruh venue, klinik serta perkampungan atlet selama pelaksanaan PON. Akan tetapi tidak semua tenaga medis dilibatkan dalam PON ini, karena tentunya harus ada yang siap siaga di pusat kesehatan masyarakat.(ngga)
Share this article :

Posting Komentar

 
Modified by : | | Arip-better
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Published by Angga-better
Proudly powered by Arip-better