Home » , » Oknum TNI AU Diduga Terlibat Penimbunan Solar

Oknum TNI AU Diduga Terlibat Penimbunan Solar



PEKANBARU- Oknum TNI AU diduga terlibat dalam penimbunan solar bersubsidi dan pengoplosan elpiji bersubsidi di Pekanbaru, Selasa (12/12).

Hal itu terungkap berdasarkan keterangan dua pekerja saat Tim Satgas Pengawasan Penyelewengan BBM Bersubsidi membongkar praktik ilegal itu di Jalan Bangdes Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Marpoyan, Pekanbaru, Selasa.

"Berdasarkan keterangan pekerja, pemilik lokasi ini adalah oknum TNI AU berinisial J," kata Anggota Komite BPH Migas Mayjen Purn. Karseno, yang juga ketua Tim Satgas Pengawasan Penyelewengan BBM Bersubsidi.

Awalnya tim Satgas menggerebek sebuah rumah bercat hijau karena berdasarkan informasi tempat itu menjadi tempat penimbunan solar. Di tempat itu petugas mendapati gudang berisi 16 tangki solar di belakang rumah.

Ternyata, temuan petugas tak sampai di situ saja karena di lokasi yang sama juga didapatitempat pengoplosan elpiji subsidi. Petugas membongkar sebuah gudang lainnya, yang ternyata berisi ratusan tabung elpiji berukuran tiga kilogram (kg) dan 12 kg.

Dari keterangan pekerja, lanjutnya, tim Satgas juga mengantongi nama pelaku lainnya yang berinisial P. Seorang pekerja berinisial A yang diamankan petugas mengatakan, oknum TNI AU berinisial J kerap datang ke rumah tersebut. Sedangkan, pelaku lainnya yang berinisial P bertugas mengurusi proses penimbunan solar dan pembayarannya.

Tim Satgas terdiri dari unsur Badan Intelijen Negara (BIN), Polisi Militer TNI AU, TNI AD dan Propam Mabes Polri. Dari dua lokasi penimbunan solar subsidi yang berhasil dibongkar, hanya berjarak sekitar 200 meter dari Kompleks Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin. Namun, petugas hanya bisa mendapatkan 22 tangki penampung solar berkapasitas masing-masing 1.000 liter. Sedangkan, seluruh tangki dalam kondisi kosong.

Dari lokasi penimbunan kedua dugaan perlindungan dari oknum aparat juga terlihat dari adanya jam dinding bertuliskan "PM Wirawaskita" milik TNI AU.

Salah satu aparat militer yang ikut dalam operasi itu langsung mengamankan barang bukti itu. Operasi penggerebekan itu kuat dugaan sudah bocor. (Ant)

Share this article :

Posting Komentar

 
Modified by : | | Arip-better
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Published by Angga-better
Proudly powered by Arip-better